Cara Mengatasi Stress Saat Berhenti Merokok

Cara Mengatasi Stress Saat Berhenti Merokok - Tak mudah bagi seorang perokok untuk menghentikan kebiasaannya ini, salah satu halangannya ad...

Cara Mengatasi Stress Saat Berhenti Merokok

Cara Mengatasi Stress Saat Berhenti Merokok - Tak mudah bagi seorang perokok untuk menghentikan kebiasaannya ini, salah satu halangannya adalah stress yang melanda saat tidak merokok. Tapi ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress saat berhenti merokok.

"Ketergantungan nikotin bisa membuat seseorang merasa cemas dan gelisah yang sering diartikan oleh perokok sebagai perasaan stress. Kondisi ini yang sering membuat orang bimbang untuk berhenti merokok," ujar Steven Schroeder, MD, direktur Smoking Cessation Leadership Center di University of California, San Francisco, seperti dikutip dari WebMD.
Saat stress, tubuh akan melepaskan zat kimia epinefrin yang bisa mengganggu kemampuan otak untuk fokus dan berpikir jernih. Tapi ada berbagai strategi yang bisa digunakan untuk membantu seseorang mengatasi stress saat berhenti merokok, yaitu:

1. Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Menghilangkan kebiasaan merokok merupakan hal yang cukup sulit, untuk itu seseorang jangan terlalu keras pada diri sendiri. Karena kondisi ini bisa memicu stress, putus asa dan bahkan depresi. Cobalah memiliki pemikiran yang optimis dan yakin bisa melakukannya.

2. Mengesampingkan terlebih dahulu kekhawatiran jangka panjang

Beberapa minggu pertama berhenti merokok adalah hal yang paling sulit. Selama periode ini jangan membebani diri dengan segala macam kekhawatiran jangka panjang, fokuslah pada apa yang sedang dilakukan saat itu atau sekarang.

3. Belajarlah mengenali tanda-tanda stress

Usahakan untuk mengenali gejala-gejala stress yang timbul, seperti perasaan cemas, gelisah, kewalahan dalam mengatasi suatu hal, sakit kepala, sulit tidur dan kemarahan. Jika sudah merasa di bawah tekanan, cobalah melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

4. Melakukan kegiatan yang menyenangkan

Salah satu cara paling sederhana untuk mengurangi stress adalah melakukan kegiatan yang menyenangkan atau bisa memberi kesenangan, misalnya menonton film komedi, bermain dengan binatang peliharaan, berkumpul dengan keluarga, mendengarkan musik favorit atau berendam dalam air hangat.

5. Bergerak atau melakukan aktivitas fisik

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik bisa membantu mengurangi stress dan kecemasan. Hampir semua jenis aktivitas bisa membantu, asalkan benar-benar dinikmati seperti berenang atau berjalan sambil melihat pemandangan indah.

6. Menuangkan perasaan dalam tulisan

Menulis sesuatu yang mengganggu bisa menjadi cara ampuh untuk mengurangi stress. Carilah tempat yang tenang dan habiskan waktu selam 15 menit untuk menulis segala hal yang mengganggu. Usahakan untuk tidak merevisinya dan hanya menulis saja, lalu robeklah kertas tersebut dan lemparkan yang jauh.

7. Melakukan teknik relaksasi

Teknik relaksasi untuk mengurangi stress seperti yoga, latihan pernapasan dalam dan berbagai bentuk meditasi diketahui dapat membantu perokok berhenti. Umumnya tidak semua teknik ini berhasil pada setiap orang, karenanya temukan teknik mana yang bisa membuat nyaman dan bekerja paling baik.

8. Bersabar

Hampir semua mantan perokok merasa kewalahan dan keraguan pada beberapa hari pertamanya. Tapi cobalah untuk bersabar bahwa setiap kali berhasil menolak rasa ingin merokok, maka semakin dekat langkah untuk bebas dari rokok. Karena hidup akan menjadi lebih nyaman, bahagia dan sehat sebagai non-perokok.

Demikianlah beberapa Cara Mengatasi Stress Saat Berhenti Merokok semoga bisa membantu dan bermanfaat.

COMMENTS

Name

Absurd,1,Action,17,Adsense,4,Adventure,2,Anime Campuran,152,banyuwangi,5,Barat,1,BeritaCPNS,6,BeritaEkonomi,16,BeritaIslami,14,Biografi,1,Blog,11,Campursari,19,Ceramah,27,Chord Gitar,1,DAcademy 3,37,dangdut,17,Download Aplikasi,5,Drama,83,Ebook,1,Fakta Menarik,1,Gaya Hidup,4,Harga Hp,2,Hari Game Indonesia,2,Hip Hop,1,Horror,44,Hot,1,House,1,HUT RI,2,Indonesia,13,Info,1,Info Menarik,66,InfotainmentNews,9,Instagram,1,Islam,1,Jandhut,16,Kehamilan,5,kenangan,3,Kesehatan,12,Komedi,23,lagista,3,Lagu Koplo MP3,535,Lite,1,mafia sholawat,28,Motivasi,3,Movies,17,Nada Dering MP3,6,New Cobra,5,New Kendedes,4,new pallapa,26,News,15,Off Topic,1,Parenting,13,Pendidikan,23,Penyakit,2,Pokèmon Gò,1,pop,11,Religi,17,remix,2,Review,26,RGS,3,Rio 2016,2,Romance,11,Saekano,1,Sera,83,Series,2,Sholawat,41,Sony,1,Streaming,1,Superhero,1,Tersedia,107,the rosta,37,Thriller,11,Tips,46,Tips Android,8,Trik,1,Trik Android,4,Tutorial,4,TV Online,1,UpdateInfo,19,Video Koplo,29,Widget,5,Windows,5,Xiaomi,1,
ltr
item
Gado Gado Blog : Cara Mengatasi Stress Saat Berhenti Merokok
Cara Mengatasi Stress Saat Berhenti Merokok
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNaEGZ8c35u7syg3YSnDKVNQVaCWO7ViAaQSLrE-N8zS47ZPN_PUJM9ao2j3kozeO1oYLnVIalH14QZzj7ecrhMAtbbhzp6KzUiw1-pBBB3nYByW4PkoO1qCB7LG6vdvdPSEyy5TPHd-Zo/s640/Cara+Mengatasi+Stress+Saat+Berhenti+Merokok.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNaEGZ8c35u7syg3YSnDKVNQVaCWO7ViAaQSLrE-N8zS47ZPN_PUJM9ao2j3kozeO1oYLnVIalH14QZzj7ecrhMAtbbhzp6KzUiw1-pBBB3nYByW4PkoO1qCB7LG6vdvdPSEyy5TPHd-Zo/s72-c/Cara+Mengatasi+Stress+Saat+Berhenti+Merokok.png
Gado Gado Blog
http://gado008.blogspot.com/2016/08/cara-mengatasi-stress-saat-berhenti.html
http://gado008.blogspot.com/
http://gado008.blogspot.com/
http://gado008.blogspot.com/2016/08/cara-mengatasi-stress-saat-berhenti.html
true
1679061168556332849
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy