John Hanke, Sang Pembuat Game Pokemon Go

John Hanke, Sang Pembuat Game Pokemon Go - Jika Anda adalah salah satu orang yang suka bermain game Pokemon Go, maka bisa jadi Anda hanya b...


John Hanke, Sang Pembuat Game Pokemon Go - Jika Anda adalah salah satu orang yang suka bermain game Pokemon Go, maka bisa jadi Anda hanya berfokus pada permainan saja. Tentu saja hal ini kurang bijak jika Anda tidak menelusuri bagaimana game ini tercipta. Ya, dibalik sebuah produk atau karya pastinya akan ada orang yang di belakangnya. Begitulah yang juga terjadi pada permainan atau game yang sedang populer saat ini yaitu Pokemon Go.

Ya, game berkonsep augmented-reality ini memang sedang nge-hits dan sangat viral di media sosial. Sejak diluncurkan pada 6 Juli lalu, game ini tercatat sudah memiliki pengguna yang mencapai 10 juta orang. Tentu saja catatan ini sesuatu yang fantastis diaman ada rekor yang terukir di dalamnya dengan mengalahkan aplikasi populer lain seperti Facebook, Snapchat, Instagram dan Whatsapp.

Pengembangan Dalam Waktu 20 Tahun

Kesuksesan game Pokemon Go saat ini ternyata sangat sesuai dengan apa yang telah dikerjakan John Hanke (Hanke) sejak tahun 1996. Ya, game Pokemon Go yang berbasis augmented-reality ini memang sudah dirintis oleh Hanke ini sejak lama ketika ia masih menjadi mahasiswa. Maka dari sini muncul angka yaitu 20 tahun hingga kemudian game ini di rilis dan menjadi game populer. Sebuah waktu yang memang sebading dengan kemudian apa yang kini diperoleh Hanke.

Pada awalnya memang Hanke tidak langsung membuat Pokemon Go, tapi terlebih dahulu membuat Meridian 59, sebuah game yang menganut konsep MMO (massively multiplayer online game) yang bisa dimainkan oleh beberapa orang. Dari game inilah Hanke langsung mempunyai visi besar untuk mencipatakan game yang terintegrasi dengan lokasi wilayah secara nyata.

Ciptakan Pokemon Go dengan Dana Mencapai US$ 25 Juta

Game Pokemon sendiri dibuat Hanke bersama tim dengan dana mencapai US$ 25 juta yang didapat dari Google, Nintendo dan Pokemon Company. Dalam pembuatannya ini Hanke menggunakan data yang sebelumnya di dapat dari permainan Ingress. Tapi tak sekedar menggunakan data dari game Ingress, karena Hanke juga menambahkan fitur lain seperti Pokestop dan Gym yang dapat lebih memanjakan pengguna game Pokemon Go. Dengan segala persiapan dan dukungan yang ada akhirnya game Pokemon Go ini hadir pada tanggal 6 Juli lalu di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru.

Sejak hari pertama peluncuran, game karya John Hanke ini langsung banyak diminati. Tak ayal bila kemudian berhasil menduduki urutan tertinggi di toko aplikasi Android maupun iOS. Tak hanya itu game yang didukung oleh Pokemon Company yang bekerja sama dengan Nintendo dan Niantic Labs ini juga mampu menarik keuntungan hingga US$ 2 juta per hari.

Kekayaan Sang Pembuat Game Pokemon Go

Hingga saat ini belum diketahui berapa persisnya taksiran pendapatan Hanke usai kemunculan Pokemon Go.

Nah, untuk mengira-ngira berapa kekayaan yang bakal diperoleh Hanke, ada baiknya kita melakukan perbandingan. Sebagai gambaran, berdasar laman celebritynetworth.com, pengaggas game Metal Gear Solid, Hideo Kojima memiliki kekayaan hingga $30 juta pada tahun 2016. Sementara itu pundi-pundi kekayaan Tom Clancy, menurut situs richestcelebrities.org mencapai angka $ 300 juta dolar. Tom Clancy sendiri dikenal sebagai pembuat game bergenre peperangan, diantaranya Rainbow Six,Ghost Recon, dan The Division. Untuk gambaran, seri Game The Division yang diorbitkan Ubisoft mampu mendulang 9,5 juta pengguna. Padahal game tersebut diluncurkan pada bulan Maret tahun ini.

Perlu diketahui, seorang Hideo Kojima telah lama mengarungi industri game. Kojima sudah meramu game Metal Gear Solid terhitung sebelum tahun 2000. Artinya kekayaan pria asal Jepang ini tentu sudah cukup banyak. Adapun kekayaan Tom Clancy yang menembus angka ratusan juta dolar itu, berpotensi ikut ditopang penjualan novel racikanya. Terpenting, game ramuan kedua orang ini sebagian besar masih mengandalkan platform Personal Computer, bukan smartphone.

Kembali pada John Hanke, game Pokemon Go yang melambungkan namanya, diorbitkan oleh perusahaan Niantic dengan bantuan Nintendo dan Pokemon Company. Niantic sendiri awalnya merupakan sebuah startup di dalam perusahaan Google. Perusahaan ini didirikan pada 2010 dengan John Hanke sebagai CEO. Nah, melihat game Pokemon Go yang menyasar pengguna smartphone, maka peluang pendapatan Hanke akan berlipat-lipat, mengingat jumlah pengguna smartphone yang mencapai angka 1 miliar di tingkat global. Bandingkan dengan penggunaan PC yang jumlah penggunaannya dipekirakan akan menurun.

Itulah sekilas artikel tentang John Hanke, Sang Pembuat Game Pokemon Go semoga bermanfaat.

COMMENTS

Name

Absurd,1,Action,17,Adsense,4,Adventure,2,Anime Campuran,152,banyuwangi,5,Barat,1,BeritaCPNS,6,BeritaEkonomi,16,BeritaIslami,14,Biografi,1,Blog,11,Campursari,19,Ceramah,27,Chord Gitar,1,DAcademy 3,37,dangdut,17,Download Aplikasi,5,Drama,83,Ebook,1,Fakta Menarik,1,Gaya Hidup,4,Harga Hp,2,Hari Game Indonesia,2,Hip Hop,1,Horror,44,Hot,1,House,1,HUT RI,2,Indonesia,13,Info,1,Info Menarik,66,InfotainmentNews,9,Instagram,1,Islam,1,Jandhut,16,Kehamilan,5,kenangan,3,Kesehatan,12,Komedi,23,lagista,3,Lagu Koplo MP3,535,Lite,1,mafia sholawat,28,Motivasi,3,Movies,17,Nada Dering MP3,6,New Cobra,5,New Kendedes,4,new pallapa,26,News,15,Off Topic,1,Parenting,13,Pendidikan,23,Penyakit,2,Pokèmon Gò,1,pop,11,Religi,17,remix,2,Review,26,RGS,3,Rio 2016,2,Romance,11,Saekano,1,Sera,83,Series,2,Sholawat,41,Sony,1,Streaming,1,Superhero,1,Tersedia,107,the rosta,37,Thriller,11,Tips,46,Tips Android,8,Trik,1,Trik Android,4,Tutorial,4,TV Online,1,UpdateInfo,19,Video Koplo,29,Widget,5,Windows,5,Xiaomi,1,
ltr
item
Gado Gado Blog : John Hanke, Sang Pembuat Game Pokemon Go
John Hanke, Sang Pembuat Game Pokemon Go
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEguyOUV0JwhOwNeX6sQqiNV6BZq0am7px1o65p3hkYH9BtMCB62es00ZnY8MIhQykGK6b29hZxgl-Z9__lhZUA8KbvgQtb-1C53FU96pZblfKhPZRDPOsyTIeLvpxuiI2xD51NLY5SeM8RZ/s640/Kekayaan+Sang+Pencipta+Pokemon+Go.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEguyOUV0JwhOwNeX6sQqiNV6BZq0am7px1o65p3hkYH9BtMCB62es00ZnY8MIhQykGK6b29hZxgl-Z9__lhZUA8KbvgQtb-1C53FU96pZblfKhPZRDPOsyTIeLvpxuiI2xD51NLY5SeM8RZ/s72-c/Kekayaan+Sang+Pencipta+Pokemon+Go.png
Gado Gado Blog
http://gado008.blogspot.com/2016/08/john-hanke-sang-pembuat-game-pokemon-go.html
http://gado008.blogspot.com/
http://gado008.blogspot.com/
http://gado008.blogspot.com/2016/08/john-hanke-sang-pembuat-game-pokemon-go.html
true
1679061168556332849
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy