Beberapa Hal Yang Seharusnya Tidak Dilakukan Ketika Menggunakan Facebook

Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Ketika Menggunakan Facebook - Siapa sih yang tidak kenal dengan Facebook? Sebuah raksasa situs jejaring s...

Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Ketika Menggunakan Facebook

Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Ketika Menggunakan Facebook - Siapa sih yang tidak kenal dengan Facebook? Sebuah raksasa situs jejaring sosial yang sangat mudah digunakan. Anak kecil saja bahkan banyak orang tua sudah mempunyai akun facebook. Yap, Facebook memang banyak disukai oleh banyak orang, tapi tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa hal yang harus dihindari ketika online dari facebook. Apa sajakah itu? Berikut Hal Hal Yang Harus Dihindari atau Tidak Dilakukan Ketika Menggunakan Facebook.

1. Dengan Mudah Memberikan Informasi Lengkap

Seperti yang kita ketahui kalau fitur Facebook itu sangat lengkap. Namun bukan berati semua kelengkapan itu harus kita gunakan atau manfaatkan. Facebook dilengkapi dengan informasi profil untuk dengan mudahnya diketahui oleh orang lain. Di halaman profil Facebook kita bisa menulis alamat lengkap rumah, status hubungan, nomor telepon, tanggal lahir dan sebagainya. Menurut saya kalau semua data-data tersebut tidak perlu kita tampilkan. Tentunya akan sangat dengan mudah ketika orang lain (pelaku kejahatan) untuk menemukan dan mengakses identitas kita yang terpasang di profil Facebook. Usahakan sebisa mungkin untuk tidak mencantumkan data-data penting pada Profil Facebook. Jika kedepannya ada orang yang membutuhkan data-data Anda dan orang yang bisa dipercaya maka bisa Anda beri saja secara langsung.

2. Ikut Bergabung Dengan Grup Facebook Tidak Jelas

Banyak berdiri grup-grup Facebook setiap harinya yang dibuat oleh pengguna Facebook. Mereka membuat grup Facebook bertujuan sebagai tempat berkumpulnya member Facebook yang memiliki kesamaan hoby. Namun diantaranya banyak juga yang menjadikan grup Facebook sebagai aksi tindakan kejahatan. Oleh karena itu mulai saat ini jangan asal bergabung ke grup yang tidak jelas asal usulnya.

3. Ngobrol (Chating) Bersama Orang Yang Baru Dikenal

Hal ini banyak dilakukan ketika aksi kejahatan sebagai metode untuk menjerat hati lawan member Facebook yaitu dengan mengajak ngobrol dulu lewat chat. Melakukan chat atau ngobrol dengan orang lain yang baru dikenal atau sama sekali tidak Anda kenal itu sangat beresiko. Tidak menutup kemungkinan kalau orang yang mengajak Anda chat adalah orang yang selama ini sedang mengincar-ngincar Anda. Kemudian tidak menutup kemungkinan juga kalau orang yang sudah lama Anda kenal baik akan melakukan tindakan kejahatan melalui ngajak ngobrol lewat chat Facebook. Oleh karena itu berhatilah-hatilah sebelum Anda berkomunikasi lebih jauh lewat chat Facebook.

4. Menganggap Teman dan Dunia Facebook Adalah Nyata

Menganggap teman di Facebook adalah teman nyata adalah salah besar, apalagi jika teman tersebut Anda kenal di Facebook dan belum pernah bertemu di alam nyata. Dunia Facebook adalah dunia maya atau antara ada dan tiada. Ada ketika online dan menggunakan Facebook dan tidak ada ketika offline tidak menggunakan Facebook. Jangan terlalu serius dengan ulah-ulah teman di Facebook dan satu hal lagi jangan sampai terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk Facebook dibanding kepentingan dunia nyata.

5. Memberitahu Kata Sandi (Password) Facebook Terhadap Orang Lain

Mungkin sekilas kita pikir mana mungkin kata sandi Facebook akan kita berikan terhadap orang lain dengan mudah. Banyak orang yang mengakali kata sandi akun Facebook temannya untuk dikerjain, tapi ini mah malah diberikan secara cuma-cuma. Tapi lain lagi jika kasus ini kejadiannya sama orang yang sedang berpacaran. Biasanya mereka akan saling menukar kata sandi Facebook untuk bisa saling mengetahui aktifitas pasangannya. Celakanya jika hubungan tersebut sudah putus dan lupa kalau kata sandi tidak cepat-cepat diganti maka kemungkinan akun Facebook akan disalahgunakan.

Apapun alasannya jangan pernah Anda berikan kata sandi Facebook terhadap orang lain meski orang tersebut dapat dipercaya. Kecuali jika Anda mengganggap akun Facebook tidak penting dan tidak masalah kalau akun Facebook berhasil dimiliki orang lain.

6. Menggunakan Nama Palsu di Facebook

Apakah hal ini termasuk yang Anda sering lakukan? Sebagian besar memang benar kalau akun Facebooknya menggunakan Nama Profil Palsu. Karena Facebook itu adalah dunia maya maka dengan menggunakan nama palsu di Facebook maka Facebook akan semakin tidak nyata saja dan hanya kepalsuan yang bertebaran.

7. Menggunggah Terlalu Banyak Foto Pribadi

Di Facebook kita dengan mudahnya dapat mengunggah foto dan tersimpan di Profil Facebook. Foto-foto ini nantinya akan bisa dilihat oleh orang lain yang sama-sama mengakses akun Facebook. Bahkan bukan hanya dilihat saja, orang lain bisa dengan mudah menyimpan foto-foto kita di akun Facebook. Coba Anda bisa bayangkan sendiri bagaimana kalau foto-foto pribadi Anda disalahgunakan sama orang yang tidak bertanggung jawab? Dengan begitu apakah Anda masih mau mengunggah foto terutama foto pribadi di akun Facebook?

Umumnya mereka yang suka mengunggah foto secara masal setiap harinya adalah bagi member yang baru mempunyai akun Facebook. Bukannya tidak boleh mengunggah foto di Facebook, tapi kita harus pintar memilih foto mana yang pantas diunggah di Facebook. Hanya foto-foto bersifat pribadi yang tidak pantas kita unggah.

8. Lupa Keluar (Logout) di Facebook

Jangan sampai lupa klik keluar atau logout Facebook ketika selesai menggunakan Facebook. Walaupun media browser sekarang sudah canggih yaitu ketika kita klik close browser maka secara otomatis akan mengeluarkan juga website seperti akun Facebook. Lupa klik keluar (logout) sangat rentan akun Facebook kita akan digunakan oleh orang lain terlebih jika kita online Facebook di warnet.

9. Memperbarui Status Tentang Masalah Pribadi

Saya rasa sangat tidak pantas kita menulis status Facebook yang isinya adalah masalah pribadi. Suka senyum-senyum sendiri jika melihat atau membaca status seperti ini di Facebook. Anda boleh narsis, tapi bukan harus dibuka ke semua publik. Bisa saja dari status-satus pribadi seperti ini akan memicu orang lain untuk melakukan tindakan kejahatan terhadap Anda.

Hindari juga membuat status marah-marah dan selalu mengeluh. Membuat status yang isinya marah-marah hanya akan membuat bumerang bagi Anda. Hal ini secara langsung memperlihatkan kepribadian negatif Anda terhadap orang lain.

10. Mengaktifkan Aplikasi Facebook Yang Kurang Penting

Facebook dilengkapi juga dengan aplikasi-aplikasi canggih untuk semakin membuat betah penggunanya. Namun bukan berarti harus semua aplikasi Anda pasang di akun Facebook, buat apa? Bijaksanalah dalam memilih aplikasi Facebook dan gunakan yang menurut Anda sangat penting. Dan ingat satu hal kalau prioritas utama adalah urusan dunia nyata bukan dumay (dunia maya).

Demikianlah artikel tentang Beberapa Hal Yang Seharusnya Tidak Dilakukan Ketika Menggunakan Facebook semoga bermanfaat.

COMMENTS

Name

Absurd,1,Action,17,Adsense,4,Adventure,2,Anime Campuran,152,banyuwangi,5,Barat,1,BeritaCPNS,6,BeritaEkonomi,16,BeritaIslami,14,Biografi,1,Blog,11,Campursari,19,Ceramah,27,Chord Gitar,1,DAcademy 3,37,dangdut,17,Download Aplikasi,5,Drama,83,Ebook,1,Fakta Menarik,1,Gaya Hidup,4,Harga Hp,2,Hari Game Indonesia,2,Hip Hop,1,Horror,44,Hot,1,House,1,HUT RI,2,Indonesia,13,Info,1,Info Menarik,66,InfotainmentNews,9,Instagram,1,Islam,1,Jandhut,16,Kehamilan,5,kenangan,3,Kesehatan,12,Komedi,23,lagista,3,Lagu Koplo MP3,535,Lite,1,mafia sholawat,28,Motivasi,3,Movies,17,Nada Dering MP3,6,New Cobra,5,New Kendedes,4,new pallapa,26,News,15,Off Topic,1,Parenting,13,Pendidikan,23,Penyakit,2,Pokèmon Gò,1,pop,11,Religi,17,remix,2,Review,26,RGS,3,Rio 2016,2,Romance,11,Saekano,1,Sera,83,Series,2,Sholawat,41,Sony,1,Streaming,1,Superhero,1,Tersedia,107,the rosta,37,Thriller,11,Tips,46,Tips Android,8,Trik,1,Trik Android,4,Tutorial,4,TV Online,1,UpdateInfo,19,Video Koplo,29,Widget,5,Windows,5,Xiaomi,1,
ltr
item
Gado Gado Blog : Beberapa Hal Yang Seharusnya Tidak Dilakukan Ketika Menggunakan Facebook
Beberapa Hal Yang Seharusnya Tidak Dilakukan Ketika Menggunakan Facebook
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiDTbm3vgo1sX_JRN_CQ1-mIDX-ZqsOoMCHOmnQm3LbhGlnYD9eRVFUE0vxlzXX26rAEZcbH5awD2vZQCmAHGUbwzjtjXB0NOv3MJUVf6uRAtakP500kDKXzgqF5b7z-Q3qABTrExBtASz/s640/Facebook.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiDTbm3vgo1sX_JRN_CQ1-mIDX-ZqsOoMCHOmnQm3LbhGlnYD9eRVFUE0vxlzXX26rAEZcbH5awD2vZQCmAHGUbwzjtjXB0NOv3MJUVf6uRAtakP500kDKXzgqF5b7z-Q3qABTrExBtASz/s72-c/Facebook.png
Gado Gado Blog
http://gado008.blogspot.com/2016/07/beberapa-hal-yang-seharusnya-tidak.html
http://gado008.blogspot.com/
http://gado008.blogspot.com/
http://gado008.blogspot.com/2016/07/beberapa-hal-yang-seharusnya-tidak.html
true
1679061168556332849
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy